17.6.11

POTENSI DIRI LUAR BIASA


Kekuatan terbesar dalam diri manusia, terdapat pada pikiran. Kita jarang membuktikan kekuatan pikiran karena sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu. Sehingga tidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang berarti.
Milikilah target yang lebih tinggi untuk merangsang kekuatan dalam pikiran agar apa yang telah dipikirkan akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan. Jika diyakini target tersebut bias tercapai maka diri kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada.
Manusia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara yaitu :
1. AUTOSUGGESTION. Keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar akan dapat menjadi daya dorong yang luar biasa, yang disebut dengan autosuggestion. Autosuggestion dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif dan berulang – ulang. Pikiran bawah sadar akan mendikte gerak – gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar, sangat dahsyat untuk melakukan perbuatan, buruk atau baik. Pikiran bawah sadar juga memompa semangat, energi yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita. Kegiatan autosuggestion akan dianggap aneh oleh orang lain tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Orang yang berpola pikir positif dan melakukan kebiasaan – kebiasaan yang konstruktif. Jangan ragu untuk melakukan budaya – budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.
Ada 5 (P) petunjuk dalam melakukan autosuggestion :
A. POSITIVE .Disaat melakukan autosuggestion, pikirkan hal – hal yang positif saja.
B. POWERFUL. Lakukan dengan penuh keyakinan agar dapat memberikan kekuatan yang luar biasa.
C. PRECISE. Keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan agar bisa menyusun berdasarkan kategori.
D. PRESENT TENSE. Bentuk keinginan saat ini dan bukan keinginan di masa lalu atau akan datang.
E. PERSONAL. Lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.
2. VISUALIZATION. Jika menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Visualisasikan impian terlebih dahulu maka akan tercipta karya – karya spektakuler. MARCUS AURELIUS ANTONIUS, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, : “A man’s life is what his thought make of it : Kehidupan manusia adalah bagaimana mereka memikirkannya”. Sesuatu yang selalu divisualisasikan akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu akan muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian – impian.
Langkah – langkah memvisualisasikan impian :
1. DEFINISI IMPIAN
Impian artinya memberikan batasan atau standar akan yang hendak dicapai. Semua impian sudah sepatutnya diraih. Meskipun terkesan sederhana tetapi gambaran impian lah yang akan melakukan perubahan dan akhirnya berhasil meraih apa yang telah cita – citakan.
2. TENTUKAN TARGET WAKTU. Wujudkan impian sesuai dengan target yang telah ditentukan untuk melakukan perubahan. Mulai dari sekarang, Be the best and do the best. Potensi yang dimiliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.
3. LAKUKAN BERULANG – ULANG. Maksudnya adalah mengkondisikan diri untuk lebih sering ingat akan impian kita. Ingat terus maka perlahan – lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Jika pesan sudah diterima oleh SCM (sub – conscience mind) maka akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau kreativitas. Jika impian sering diimajinasikan maka akan dapat melipatgandakan kekuatan pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang – ulang akan secara tidak langsung merangsang ilusi yang luar biasa tentang potensi diri sehingga akan berusaha keras mencapai impian yang telah divisualisasikan. Kekuatan pikiran bawah sadar akan bekerja dan bangkit hingga terjadi perubahan besar dalam diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More