25.6.11

Apa Yang Anda Pikirkan.?

Apa yang anda pikirkan tentang ABRI, atau tentang POLISI, Pemulung, Dokter, Guru, kalau disebut benda, kota, atau instansi, jabatan, citra yang  melekat itu apa.?, dalam pikiran orang. Citra yang melekat pada benda, citra yang melekat pada pekerjaan, citra yang melekat pada benda, citra yang melekat pada seseorang. Citra/image yang akan dipikirkan orang yang melihat.
Makanya penting bagi kita untuk merubah citra diri kita, apa citra diri anda sekarang.?, orang akan mengenl diri anda seperti apa.?, citra diri apa yang akan anda tampilkan ke public.?, tergantung anda sendiri.
Apakah anda diingat orang sebagai orang yang baik, humoris, pencemburu, orang jahat, murah senyum, dermawan pelit, dll. Tapi kebanyakan orang melihat dari sisi luar kita atau penampilan kita, maka langkah awal kita pun perbaikilah penampilan terlebih dahulu. Citra diri dan tindakan yang dilihat orang pertama kali mempengaruhi 50% pandangan orang lain yang belum kenal. 55% dari kesan visual yaitu dari tata busana, bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
Dalam berpakaian, cara berpakaian paling resmi :
  1. Kalau memakai jas saat berdiri jas dikancingkan.
  2. Kalau memakai jas saat duduk kancing boleh di lepas.
  3. Kalau memakai dasi saat berdiri ujung dasi menutup Gesper/ikat pinggang.
  4. Kalau memakai dasi kancingkan kemeja, kancing yg paling ujung atas.
  5. Sepatu (bedakan sepatu kerja dan sepatu pembicara).
  6. Dalam Bahasa Tubuh apa yang anda tunjukan/ ekspresi : Senyum.
  7.  Berjalan tegak (jangan terlalu mendongak tapi jangan terlalu menunduk juga).
  8.  Duduk.
  9. Penggunaan isyarat contoh kedipan mata. Mata/penglihatan, pandanglah lawan bicara kita dengan arah pandangan saling menatap mata, atau kea rah dagu, itu adalah serendah-rendah pandangan.

Perawatan diri : 
  1. Rambut,  tertata rapi tanpa ketombe.
  2. Bau badan, kebersihan, farfum, diperhatikan.
  3. Nafas harus segar/tidak bau.
  4. Gigi bersih.
  5. Kuku jari bersih dan terawat.
  6. Untuk wanita aksesoris tidak berlebihan.
  7. Kumis/jenggot dipotong rapih.

Keadaan untuk tampil sempurna itu dibayar mahal dengan tersenyum kita telah beribadah, sodaqoh tanpa modal, awet muda, citra diri orang sukses. Dalam berbicara suara yang riang atau semangat, volume bicara jangan terlalu keras dan tidak terlalu pelan, kecepatan sedang-sedang saja, variasikan nada bicara anda/intonasinya diperhatikan, sehingga disaat kita berbicara orang yang mendengarkan tidak merasa bosan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More